Selasa, 28 April 2015

Inter-Process Communication (IPC), Race conditions & Mutual Exclusion

1. -Inter-Process Communication (IPC) atau Komunikasi antar proses adalah cara atau mekanisme pertukaran data antara satu proses dengan proses lainnya, baik itu proses yang berada di dalam komputer yang sama, atau komputer jarak jauh yang terhubung melalui jaringan. IPC terdiri atas protokol yang menjamin sebuah respons dari sebuah permintaan. Fungsinya untuk menjalankan sistem operasi, selain itu pengguna juga dapat melakukan secara interaktif melakukan operasi copy-cut-paste dari satu proses ke proses yang lain dengan menggunakan clipboard.

- Race conditions adalah suatu kondisi dimana dua atau lebih proses mengakses shared memory/sumber daya pada saat yang bersamaan dan hasil akhir dari data tersebut tergantung dari proses mana yang terakhir selesai dieksekusi sehingga hasil akhirnya terkadang tidak sesuai dengan yang dikehendaki.Fungsinya untuk mengakses dan memanipulasi data bersama pada saat bersamaan.

- Mutual Exclusion adalah suatu cara yang menjamin jika ada sebuah proses yang menggunakan variabel atau berkas yang sama (digunakan juga oleh proses lain), maka proses lain akan dikeluarkan dari pekerjaan yang sama. Jadi,Mutual Exclusive terjadi ketika hanya ada satu proses yang boleh memakai sumber daya, dan proses lain yang ingin memakai sumber daya tersebut harus menunggu hingga sumber daya tadi dilepaskan atau tidak ada proses yang memakai sumber daya tersebut.Fungsinya untuk mengakses sumber daya pada suatu interval.

    2. Kelebihan dan Kekurangannya adalah :
- Kelebihan interproces Communication : Dapat menukar data dari satu computer ke computer yang lain

- Kekurangannya : terdiri atas protokol yang menjamin sebuah respons dari sebuah permintaan.

- Kelebihan Race Condition Dapat mengakses data bersama pada saat bersamaan .

- Kekurangannya :proses-proses yang berjalan bersamaan haurs di disinkronisasi. Dalam beberapa sistem operasi, proses-proses yang berjalan bersamaan mungkin untuk membagi beberapa penyimpanan umum, masing-masing dapat melakukan proses baca dan proses tulis Penyimpanan bersama. 

- Kelebihan Mutual Exclusion : Dapat Menjamin satu proses mengakses sumber daya pada suatu interval

- Kekurangannya : Hanya satu yang boleh memakai sumber daya, dan proses lain yang ingin memakai sumber daya tersebut harus menunggu hingga sumber daya tadi dilepaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar